Sabtu, 24 Juli 2010 8 komentar

Jembatan Barelang

Kali ini kita muter-muter dulu di Jembatan Barelang cuy, let's go...!!! Pada artikel ini kita akan membahas tentang Jembatan Barelang, sebenernya namanya bukan itu sih, cuman nama Barelang itu merupakan singkatan dari Batam - Rempang - Galang. Juga bukan hanya ketiga pulau itu, yang terhubung oleh jembatan Barelang, akan tetapi ketiga pulau itulah yang paling besar diantara pulau-pulau lainnya. Jembatan Barelang dibangun pada tahun 1992 dan selesai pada tahun 1998 dengan biaya Rp.400Milyar. *kira-kira kalo dibeliin es cendol bisa buat renang kali ya?? ^^,* Berikut ini data-data mengenai serangkaian Jembatan Barelang.

jembatan barelang - R24 Community
Jembatan I (Jembatan Teuku Fisabillillah)


  1. Jembatan I, mempunyai nama Jembatan Teuku Fisabillillah, jembatan ini merupakan jembatan terbesar diantara jembatan-jembatan lainnya. Jembatan ini mempunyai model yang mirip Golden Gate San Fransisco. menghubungkan P.Batam dengan P.Tonton memiliki panjang lebar tinggi 642 x 38 x 350 m.
  2. Jembatan II, mempunyai nama Jembatan Narasinga, menghubungkan P.Tonton dan P.Nipah, memiliki panjang lebar tinggi 420 x 15 x 160 m.
  3. Jembatan III, mempunyai nama Jembatan Ali Haji, menghubungkan P.Nipah dan P.Setokok, memiliki panjang lebar tinggi. 270 x 45 x 15 m.
  4. Jembatan IV, mempunyai nama Jembatan Sultan Zainal Abidin, menghubungkan P.Setokok dan P.Rempang, memiliki panjang lebar tinggi 365 x 16,5 x 145 m.
  5. Jembatan V, mempunyai nama Jembatan Tuanku Tambusai, menghubungkan P.Rempang dan P.Galang, memiliki panjang lebar tinggi 385 x 31 x 245 m.
  6. Jembatan VI, mempunyai nama Jembatan Raja Kecil, menghubungkan P.Galang dan P.Galang Baru, memiliki panjang lebar tinggi 180 x 9,5 x 45 m.

     Aku yakin dibenak anda semua pasti muncul pertanyaan seperti ini "Emang mas udah pernah ngukur tuch panjang lebar tinggi Jembatan Barelang???" gubraaak...!!! Aku nggak pernah ngukur, tapi tanya ama tukangnya. xixixi... Sekedar numpang nampang dan info nggak penting ne foto terakhir kali aku ke jembatan barelang.

jembatan barelang - R24 Community
saking nafsunya pengen lihat sunrise, aku bela2in berangkat jam 4 pagi ^^,


     Kapan ya aku bisa maen ke Batam lagi.... +_+

article by Masda

8 komentar:

Anonim mengatakan...

baru tau q nama2 jembatannya,,,,,,,

johan mengatakan...

kunjungan perdana..salam kenal...mantep jembatannya sob

johan mengatakan...

thank udah mau mampir

encosgoblog mengatakan...

Kunjungan mlm sekalian follow blk

om rame mengatakan...

jembatan gantung yang kokoh dan cantik, keren sob infonya. saya baru tau nih.
terima kasih atas sharenya.
ijin untuk menjadi foLLower di bLog ini, saLam persahabatan.

Anonim mengatakan...

ke6 jembatan itu, pada nyambung atau terpisah jalurnya?

MONOKROM mengatakan...

Hello Mas, salam kenal yah. Terimakasih atas kunjungannya, dan jejak yang telah ditinggalkan, saya juga sudah balik follow blog istimewa ini. Semoga pertautan maya ini bisa memberikan hanya hal-hal yang positif untuk kita semua, amien!

Oiya, posting yang ini menarik sekali. Saya baru tahu kalau ada jembatan-jembatan tersebut, maklum pengetahuan geografiki minim banget, kurang pergi (kuper) kali yah...

Sip, salam akhir pekan, semoga menemukan hari istimewa akhir pekan kali ini!

R24COM mengatakan...

All,
terima kasih sudah meluangkan waktu untuk mampir di blog yang sederhana ini.

Mang Umarr,
jembatan2 tersebut satu jalur mas, jika berangkat dari P.Batam urut dari Jembatan 1 sampai jembatan 6...

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar anda di sini. Diharapkan penggunakan link pada nama anda agar kami bisa berkunjung balik ke blog anda, bukan tautan link pada kotak komentar.

No Porn, No Spam
Maaf, komentar yang bernada Spam/Sara akan kami hapus.
Thanks... ^^,

 
Copyright © 2010 R24COM All Rights Reserved. Themes by 'Masda'Zine | Powered by Blogger